Dana Haji Beri Manfaat Calon Jamaah - Warta 24 Sulawesi Tenggara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Dana Haji Beri Manfaat Calon Jamaah

Dana Haji Beri Manfaat Calon Jamaah

MAGELANG. KRJOGJA.com - Dewan Pengawas dan Badan Pelaksana melakukan sosialisasi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Grand Artos Hotel and Convention Magelang, Rabu (13/12/2017). Dalam forum…

Dana Haji Beri Manfaat Calon Jamaah

MAGELANG. KRJOGJA.com - Dewan Pengawas dan Badan Pelaksana melakukan sosialisasi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Grand Artos Hotel and Convention Magelang, Rabu (13/12/2017). Dalam forum yang dihadiri anggota Komisi VIII DPR RI KH Drs Chairul Muna, beberapa tokoh ulama, Kepala Kantor Kemenag Kota dan Kabupaten Magelang maupun lainnya ini juga membicarakan Diseminasi Peran Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Selain Gus Muna, panggilan akrab KH Drs Chairul Muna, juga berbicara pada forum ini anggota Dewan Pengawas BPKH Prof Dr Muhammad Akhyar Adnan MBA CA Ak dan Ir Ajar Susanto Broto MM dari Badan Pelaksana Manajemen Resiko BPKH. Usai dibuka Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang Drs H Kudaifah MPdI, acara dilanjutkan dengan diskusi panel dan dialog.

Muhammad Akhyar Adnan mengatakan BPKH merupakan badan baru yang dilantik Presiden RI Joko Widodo pada Bulan Ju li 2017 lalu dan ini belum banyak masyarakat yang mengetahuinya. Kalau sebelumnya keuangan haji dikelola Kementerian Agama, sekarang dikelola BPKH.

Dana yang diserahkan ke BPKH cukup banyak, hampir Rp 100 trilyun. Saat ini dana tersebut masih diaudit dan berada di Kemenag dan diharapkan Januari 2018 mendatang sudah diserahkan ke BPKH. “Dana sudah terhimpun dan akan terus terhimpun karena calon jamaah haji terus menyetorkan,” jelasnya.

Ditambahkan Ajar S Broto bahwa saat investasi dana haji yang ada adalah investasi ke Bank Umum Syariyah (BUS) dan Bank Unit Usaha Syariah (UUS) dalam bentuk deposito dan sukuk, besarnya sekitar 65 persen ke BUS/UUS dan 35 persen ke Sukuk. Mendatang akan ditempatkan ke investasi-investasi selain ke BUS/UUS dan Sukuk, tetapi tetap investasi yang aman. Sukuk negara tetap, kemudian dibuka kesempatan investasi ke emas, korporasi, investasi lainnya.

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh calon jamaah haji dengan adanya pen gelolaan dana haji ini, tambah Prof Muhammad Akhyar, diantaranya keterbukaan karena ada virtual account. Kalau sudah menyetor uang Rp 25 juta, calon jamaah nantinya dapat mengetahui kira-kira tinggal menambah berapa. Dari investasi akan ada hasilnya, dan hasil itu sebagian akan dikembalikan ke calon jamaah, sebagian untuk biaya operasional dan sebagian untuk kemaslahatan. (Tha)

Sumber: Google News | Warta 24 Muna

Tidak ada komentar