Muhammadiyah Soroti Acara Kontes Waria di Sultra - Warta 24 Sulawesi Tenggara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Muhammadiyah Soroti Acara Kontes Waria di Sultra

Muhammadiyah Soroti Acara Kontes Waria di Sultra

KIBLAT.NET, Kendari â€" Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Muhammadiyah Sulawesi Tenggara angkat bicara soal penyelenggaraan kontes waria di wilayahnya. Kontes Waria di antaranya dia…

Muhammadiyah Soroti Acara Kontes Waria di Sultra

KIBLAT.NET, Kendari â€" Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Muhammadiyah Sulawesi Tenggara angkat bicara soal penyelenggaraan kontes waria di wilayahnya. Kontes Waria di antaranya diadakan di Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, dan Kota Kendari.

Sekretaris PW Muhammadiyah Sultra, Muhammad Alifuddin, mengatakan, realitas kontes waria yang digelar di kabupaten/kota di Sultra pada prinsipnya adalah penyimpangan kultur masyarakat dan agama, serta menyimpang dari tabiat asli kemanusiaan.

Kontes budaya, lanjut Alifuddin, yang diselenggarakan dengan izin pemerintah daerah, selain harus memperhatikan nilai-nilai agama, juga harus mempertimbangkan implikasi psikososial dari kontes tersebut.

“Atas dasar tersebut maka sejatinya elemen bangsa, khususnya para pengambil kebijakan memiliki rasa tanggung jawab, untuk mengembangkan tradisi dan budaya yang berakar pada nilai-nilai religiusitas. Melindungi masya rakat dari peluang masuknya budaya dan tradisi yang bertentangan dengan norma agama,” katanya pada konferensi pers di Klinik Muhammadiyah Sultra, Selasa (12/12/2017).

Alifuddin berpandangan, waria sebagai realitas penyimpangan tabiat jenis kelamin seharusnya dipandang sebagai subjek untuk dibina dan diarahkan agar dapat kembali menemukan jati dirinya yang sesungguhnya.

“Muhammadiyah memandang kontes waria yang diselenggarakan ini adalah bentuk eksploitasi atas komunitas tersebut, dan sama sekali tidak mendidik. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada segenap masyarakat, utamanya para pemangku kebijakan untuk tidak latah dengan kontes waria,” lanjutnya.

Sumber: Harian Amanah
Redaktur: Ibas Fuadi

Sumber: Google News | Warta 24 Kendari

Tidak ada komentar