Operasi Pasar di Konsel, Bulog Temukan Timbangan Pedagang ... - Warta 24 Sulawesi Tenggara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Operasi Pasar di Konsel, Bulog Temukan Timbangan Pedagang ...

Operasi Pasar di Konsel, Bulog Temukan Timbangan Pedagang ...

Home / Konawe Selatan / Operasi Pasar di Konsel, Bulog Temukan Timbangan Pedagang Tidak Sesuai Standar

OPERASI PASAR â€" Badan Urusan Logistik (Bulog) Sulawesi Teng…

Operasi Pasar di Konsel, Bulog Temukan Timbangan Pedagang ...

Home / Konawe Selatan / Operasi Pasar di Konsel, Bulog Temukan Timbangan Pedagang Tidak Sesuai Standar



Operasi Pasar di Konsel, Bulog Temukan Timbangan Pedagang Tidak Sesuai StandarOPERASI PASAR â€" Badan Urusan Logistik (Bulog) Sulawesi Tenggara bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Ketahanan Pangan Konawe Selatan menggelar operasi pasar di Desa Lapoa Kecamatan Tinanggea, Rabu (13/1 2/2017). (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO â€" Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sulawesi Tenggara bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe Selatan menggelar operasi pasar di Desa Lapoa, Kecamatan Tinanggea, Rabu (13/12/2017).

Dalam operasi ini tim menemukan pedagang pasar yang menggunakan timbangan tidak sesuai standar tera. Sehingga banyak merugikan konsumen.

Asisten Bidang Penjualan Bulog Sultra Sutaji menjelaskan, operasi pasar ini sudah dimulai sejak Senin, 11 November 2017 di Kota Kendari, dan hari ini digelar di Konawe Selatan. Rencananya operasi pasar ini akan digelar hingga Januari 2018 mendatang.

“Bahan makanan yang kami siapkan dala m operasi pasar ini beras setengah ton, gula 250 kilogram, minyak 60 bungkus, dan bawang satu karung,” kata Sutaji.

Menurut Sutaji, masyarakat sangat antusias dengan adanya operasi pasar ini. Terbukti hanya dalam waktu satu jam, seluruh bahan makanan yang dibawa Bulog habis terjual.

Pasalnya, harga yang tawarkan pihak Bulog jauh lebih murah dibanding harga pasaran. Seperti minyak goreng kemasan 1 liter hanya Rp8.000, sedangkan di pasaran harganya mencapai Rp15.000, bawang putih Rp20.000 per kg, gula pasir Rp12.500 per kg, dan beras Rp7.000 per kg.

Kepala Dinas Perindag Konsel Siti Chadidjah mengatakan, operasi pasar di kecamatan ini merupakan rangkaian operasi yang dilakukan sebelumnya. Tujuannya untuk mengantisipasi lonjakan harga menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Di sini kami menemukan adanya timbangan yang tidak sesuai dengan standar tera, untuk itu kami lakukan pembinaan terlebih dahulu terhadap pelaku usaha tersebut agar tidak melakukan kecurangan dan memanipulasi timbangan,” ujar Chadidjah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe Selatan Rafiuddin Silondae menambahkan, operasi pasar seperti ini sangat berdampak positif bagi masyarakat. Sebab, dari hasil pengamatan pihaknya telah terjadi penurunan harga bahan pokok makanan di pasaran.

“Saya sangat senang dengan adanya operasi pasar ini karena harganya lebih murah dan sangat membantu kami masyarakat bawah,” ungkap Nyoman Agus Sumerta, salah seorang konsumen. (B)

Reporter: Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

View all contributions by HT ZonaSultra

Facebook

Berita Terkini

  • Seragam Lomba Bakal Meriahkan HUT Wakatobi ke 14Seragam Lomba Bakal Meriahkan HUT Wakatobi ke 14 2017/12/13
  • Wakatobi Juara Dua Tempat Penyelaman Terpopuler 2017Wakatobi Juara Dua Tempat Penyelaman Terpopuler 2017 2017/12/13
  • Kerap Dilanda Banjir, Empat Wilayah di Buton Jadi Tangguh BencanaKerap Dilanda Banjir, Empat Wilayah di Buton Jadi Tangguh Bencana 2017/12/13
  • Antisipasi Banjir, BPBD Konawe Gelar SimulasiAntisipasi Banjir, BPBD Konawe Gelar Simulasi 2017/12/13
Sumber: Google News | Warta 24 Konawe Selatan

Tidak ada komentar