Polres Lombok Tengah Terbaik Nasional ITK 2017 - Warta 24 Sulawesi Tenggara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Polres Lombok Tengah Terbaik Nasional ITK 2017

Polres Lombok Tengah Terbaik Nasional ITK 2017

kicknews.today â€" Mabes Polri mengevaluasi tujuh prinsip tata kelola kepolisian yang baik (good police governance), yakni kompetensi, perilaku, responsivitas, transparansi, ke…

Polres Lombok Tengah Terbaik Nasional ITK 2017

kicknews.today â€" Mabes Polri mengevaluasi tujuh prinsip tata kelola kepolisian yang baik (good police governance), yakni kompetensi, perilaku, responsivitas, transparansi, keadilan, efektivitas dan akuntabilitas. Rata-rata kinerja Polres tipe rawan konflik menurut Indeks Tata Kelola (ITK) 2017 adalah 6,38 (skala penilaian 1-10).

Peringkat pertama hingga ketiga pada ITK 2017 tipe rawan konflik adalah Polres Lombok Tengah (6,67). Peringkat pertama juga diraih Polres Bau- bau (6,79) dan Polres Maros (6,65).

Ketiga Polres diberi penghargaan oleh Kapolri Jenderal Pol. Drs. Tito Karnavian, MA., Ph.D. Kamis (14/12) saat kegiatan peluncuran ITK 2017 di Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK).

Baca Juga

Pencuri Dua Karung Pakaian di Lombok Tengah Ditangkap Polisi

Bawa Laras Panjang, Tentar a Gadungan Ditangkap Polisi di Lombok Tengah

Mobil Pickup di Lombok Tengah Seruduk 10 Pelajar

Polisi Incar Pelempar Sabu ke Rutan Praya

Polres Lombok Tengah mampu membuktikan bahwa di tengah-tengah potensi wilayahnya yang masuk kategori rawan konflik, kinerja tetap prima dan terintegrasi baik pada fungsi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Selain itu mampu memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat (Linyomyanmas) serta penegakan hukum (Gakkum).

Polres Lombok Tengah telah melakukan terobosan dengan menggunakan teknologi untuk membantu meningkatkan kinerjanya. Peneliti ITK, Arif Nurdiansah dari Kemitraan mengungkapkan hasil temuan di lapangan menunjukan bahwa melalui Sistem Aplikasi Sambungan Aktif Kepolisian (Sasak), Polres Lombok T engah mampu mengintegrasikan pelayanan SIM dan SKCK online dengan pelayanan publik lain seperti SP2HP online secara terintegrasi.

“Sasak” juga, menurut Arif, mampu memadukan laporan anggota Bhabinkamtibmas dan laporan masyarakat secara real time, serta laporan kejahatan melalui mekanisme panic button sehingga dapat ditindaklanjuti dengan cepat.

“Sementara dalam hal pencegahan kejahatan, Polres Lombok Tengah juga menempatkan CCTV di wilayah-wilayah strategis dan rawan,” kata Arif.

Upaya Polres Lombok Tengah merupakan bagian dari dukungan Polri terhadap program nasional. Dimana Kabupaten Lombok Tengah terdapat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang menjadi unggulan nasional. (Ade)

Tanggapan Pembaca

Tanggapan

Sumber: Google News | War ta 24 Bau-Bau

Tidak ada komentar