www.AlvinAdam.com


Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Telkom Optimis, 2018 Jaringan Fiber Optik Jangkau Seluruh ...

Posted by On 18.40

Telkom Optimis, 2018 Jaringan Fiber Optik Jangkau Seluruh ...

Telkom Optimis, 2018 Jaringan Fiber Optik Jangkau Seluruh Wilayah Sultra
TELKOM KENDARI - General Manager (GM) PT Telkom Sultra Alimuddin (baju merah), Junior Manager Information System Telkom Sultra (ujung kiri) Arif, Officer Performance (Kedua dari kanan) Ketut Swirta dan Asisten Manager Payment Collection Nengah Sudarmi (ujung kanan). Senin (19/2/2018). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI â€" PT Telkom Kendari menargetkan tahun 2018 seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki dan terhubung dengan jaringan internet berbasis fiber optik atau jaringan non tembaga.

General Manager (GM) PT Telkom Kendari Alimuddin mengatakan, pih ak saat ini terus melakukan pemasangan jaringan non tembaga tersebut. Kabupaten Muna khususnya Kota Raha sudah on progress pemasangannya. Pada triwulan I 2018 ini, pihaknya optimis seluruh kabupaten/kota dapat menikmati layanan internet dari Telkom.

Sejumlah kabupaten yang jaringan fiber sama sekali belum masuk adalah Buton Utara (Butur), Konawe Kepualuan (Konkep), Buton Tengah (Buteng) dan Muna Barat (Mubar). Terkhusus Butur, sebenarnya jaringan sudah masuk hingga Ereke, namun karena kebijakan pemindahan pusat perkotaan dari Kulisusu ke Buranga, akhirnya dilakukan lagi penarikan jaringan di Buranga.

“Kami targetlah Triwulan I, jaringan internet Telkom di Sultra bebas tembaga, supaya bagus juga kota kita kemudian jaringannya bisa lebih maksimal dinikmati masyarakat,” ungkap Alimuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (19/2/2018).

Dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan uji terima distribusi jaringan fiber di Konawe Selatan (Konsel), Kolaka Timur ( Koltim), Bombana dan Muna, terkhusus di ibukota kabupaten tersebut.

Selain itu ada beberapa wilayah saat ini yang menggunakan produk lain dari Telkom yakni Konawe Kepulauan (Konkep), Konawe Utara (Konut) dan Buton. Produknya adalah Mangoe Sky, MangoeSky merupakan layanan broadband internet yang disediakan untuk masyarakat pengguna internet melalui media satelit (VSAT IP).

Ketiga daerah tersebut menggunakan produk ini sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan jaringan internet dilingkungan pemerintah, sambil menunggu terpasangnya jaringan fiber optik.

“Saat ini baru tiga kota yang jaringannya semua fiber yakni Wanci, Pomalaa dan Lasusua. Mereka non tembaga dan jaringan disana bagus mulus, Kalau Kota Kendari belum semua masih ada sekitar 6.300 km lagi belum terpasang,” tukasnya.

Secara umum total kabel fiber optik yang telah terpasang di Sultra telah mencapi ribuan kilometer. Angka pastinya tidak dapat dirincikan oleh pihaknya karena progres pemasangannya terus berjalan.

Alimuddin menambahkan jika Telkom terus berkomitmen agar masyarakat khusunya di Bumi Anoa dapat mengakses jaringan internet sebagai bentuk perkembangan dan tuntutan zaman saat ini. Apalagi salah satu misi Telkom adalah membantu percepatan informasi dan pembangunan di daerah serta mecerdaskan generasi bangsa. (B)

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Tahir Ose

Sumber: Google News | Warta 24 Buton Tengah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »