Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Angin Puting Beliung Hantam Desa Bupati Ruksamin, Satu Warga ...

Posted by On 09.26

Angin Puting Beliung Hantam Desa Bupati Ruksamin, Satu Warga ...

19 Rumah Rusak Parah, Panggung MTQ Ambruk Diterjang Angin Puting Beliung
PUTING BELIUNG - Angin puting beliung yang terjadi sekitar pukul 17.30 wita, Rabu (14/2/2018) telah memporak-porandakan 19 rumah warga di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra). Jefri/ZONASULTRA.COM

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU â€" Desa Basule, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara (Konut) yang tak lain tempat kelahiran Bupati Konut, Ruksamin juga diterjang angin puting beliung. Bencana alam itu memporak- porandakan 25 rumah dan menimbulkan korban akibat tertimpah puhon.

Salah seorang warga Kelurahan Tinobu, Kecamatan Lasolo, Said mengatakan, akibat angin ribut di sertai hujan terjadi pada Rabu (14/2/2018) pukul 17.00 wita membuat Irfan warga desa Busule mengalami luka robek pada bagian kepala dan punggung akibat tertimpa pohon roboh.

“Rumahnya dan pencucian mobil juga tertimpa pohon. Irfan langsung dilarikan ke rumah sakit, kepalanya di jahit karena tertimpa pohon sama punggungnya,”ungkap Said pada awak media ini, Jumat (16/2/2018).

Dibeberkan, bencana alam yang terjadi itu juga menyebabkan kerusakan pada puluhan rumah yang tersebar di beberapa tempat hingga ratah tanah. Kerusakan terjdi rata-rata bagian atap dan dinding rumah.

Tak hanya itu, panggung Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang berada di Desa Lemo Bajo, Kecamatan Wawolesea juga ambruk rata dengan tanah hingga membuat para peserta MTQ harus beralih tempat melaksanakan kegiatan di mesjid terdekat.

Berita Terkait : 19 Rumah Rusak Parah, Panggung MTQ Ambruk Diterjang Angin Puting Beliung

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Sosial (Din sos) Konut, Untung Muhayas. Dia menuturkan, dari hasil pendataan korban bencana angin puting beliung mencapai 52 rumah rumah yang tersebar di tiga tempat yakni, Desa Kampoh Bunga, dan Tanjung Bunga Kecamatan Wawoleseaa dan wilayah Kecamatan Lasolo di Desa Kelurahan Tinobu dan Baselu.

Dari data yang diperoleh, lanjut mantan Sekertaris KPU ini, pihaknya telah menyalurkan donasi berupa bahan makanan dan peralatan rumah tangga kepada para korban.

“Sebelumnya pada saat kejadian terdata 19 rumah, tapi setelah kita telusuri terdapat sekitar 52 rumah yang di kena angin puting beliung. Untuk dari Dinsos kami sudah kasi bantuan alaqadarnya untuk menanggulangi sementara para korban, sedangkan di desa basule kami masih atur untuk penyaluran bantuannya,” terangnya.

Pihaknya masih terus siap siaga menunggu data korban bencana angin puting beliung dari masing-masing desa dan kecamatan.

Santunan kemanusiaan juga dilakukan pihak tim penggerak PKK Kabupaten Konut yang dipimpin langsung Wakil Ketua PKK Konut, Sarwati Raup bersama jajaraanya. Kebutuhan bahan makanan yang disalurkan diterima langsung oleh para korban yang disaksikan masing-masing pemerintah desa dan kecamatan. (B)

Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Sumber: Google News | Warta 24 Konawe Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »