Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Bisnis Perikanan Tangkap, Pemda Buton Gagas Kerjasama dengan ...

Posted by On 18.41

Bisnis Perikanan Tangkap, Pemda Buton Gagas Kerjasama dengan ...

Bisnis Perikanan Tangkap, Pemda Buton Gagas Kerjasama dengan PT Perinus
PENINJAUAN LOKASI - Plt Bupati Buton, La Bakry bersama Direktur PT Perinus Ridwan Zachrie, Kadis Perikanan Buton Sudirman, usai meninjau lokasi Tempat Penggelolaan Ikan (TPI) Kecamatan Pasarwajo, Selasa (20/2/2018) (Nanang/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO â€" Pemerintah Daerah (Pemda) Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggagas kerjasama pengembangan potensi bisnis perikanan tangkap di daerah itu dengan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Perikanan Nusantara (Perinus), pada tahun 2018 ini.

Direktur Bidang Keuangan PT Perinus Ridwan Zachrie mengatakan, hasil kajian yang diperolehnya selama ini menemukan bahwa potensi perikanan tangkap di daerah itu sangat menjanjikan.

“Kami ingin bangun kemitraan dengan pemerintah Buton, hasil kajian Buton luar biasa. Dari itu kita ingin lihat, maka kita langsung ke lapangan,” kata Ridwan dikonfirmasi awak media Zonasultra di kantor Bupati Buton, Selasa (20/2/2018).

Selain perikanan tangkap, pihaknya juga akan mengembangkan bisnis budi daya laut seperti rumput laut, gurita dan cumi-cumi di wilayah tersebut. Tapi, sebelum itu, selama dua hari kedepan mereka akan melakukan penjajakan terlebih dahulu.

“Nanti hasil tangkapan nelayan kita serap, karena kami BUMN ada penugasan khusus dari pemerintah sebagai operator Slin (Sistim Logistik Ikan Nasional,” ucapnya.

(Baca Juga : Pemda Buton Mulai Terapkan Transaksi Non Tunai)

Rencananya, semua jenis ikan akan dikembangkan khususnya ikan industri seperti Cakalang, Tenggiri, Tongkol, Layang dan Tuna. Selain itu, pihaknya juga membidik ko moditas lain untuk diekspor ke Jepang, seperti Cumi-cumi, Tuna dan Gurita.

“Adapun rencana membangun industri pabrik, itu tergantung fasilitas apa yang ada di Buton yang perlu kita lengkapi. Serta rencana berapa ton per bulan yang akan di produksi, kita belum bisa memastikan karena terlebih dahulu disesuaikan kondisi yang ada. Namun serapan yang akan dilakukan untuk lokal juga ekspor,” terangnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Buton, La Bakry menyambut baik rencana PT Perinus yang ingin bekerjasama dengan pemerintah daerah, khususnya para nelayan dalam mengembangkan perikanan. Sehingga bisa menyerap tenaga kerja di wilayah tersebut dan dapat membangun kepastian usaha bagi para nelayan.

Kata dia, nelayan Buton terkenal dengan keuletan serta sangat produktifnya. Hanya saja tidak bisa sepenuhnya disupport pemerintah daerah seperti armada yang memadai dan aramada tangkap dengan daya jangkau yang jauh.

“Untuk itu, kami berharap PT Perinus in i bisa berperan demi kemajuan daerah,” kata La Bakry, di Tempat Penggelolaan Ikan (TPI) Kecamatan Pasarwajo, Selasa (20/2/2018). (B)

Reporter : Nanang
Editor : Abdul Saban

Sumber: Google News | Warta 24 Buton

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »