Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Sore Ini, Wilayah Kendari Diprediksi Hujan

Posted by On 09.26

Sore Ini, Wilayah Kendari Diprediksi Hujan

Sebaran Hujan Bulan Februari di Sultra Belum Merata
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI â€" Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan mengguyur Kota Kendari dan beberapa wilayah lain di Sulawesi Tenggara (Sultra) seperti Konawe, Konawe Selatan (Konsel), dan Konawe Utara (Konut).

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Adi Istiyono mengatakan, hujan hari ini akan berlangsung dari sore hari hingga menjelang malam. Salah satu penyebabnya yakni terjadi pertumbuhan awan konvektif atau awan hujan.

Dibanding wilayah Konut dan Konawe, Kota Kendari sendiri baru dua hari ini diguyur hujan dengan intensitas rendah, padahal beberapa minggu lalu tidak ada hujan yang turun. Hal itu disebabkan angin kencang di wilayah Sultra yang terjadi di lapisan atmosfer 3000 feet.

“Yang seharusnya pembentukan awan terjadi tapi karena angin kencang awan menjadi buyar,” ungkap Adi Istiyono melalui layanan WhatsApp, Jumat (16/2/2018).

“Hujan sore nanti yang akan terjadi kategori ringan dan sedang, dengan itu kami tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap perubahan cuaca secara mendadak,” tukasnya.

Sementara untuk wilayah Sultra lainnya diprediksi akan mendung dan berawan.

Pihaknya juga memprediksi wilayah Sultra pada pertengahan Februari ini berpeluang tinggi mengalami hujan kategori menengah (51 â€" 150 mm/dasarian), kecuali sebagian wilayah Konut, Konawe dan Kolaka Utara (Kolut) berpeluang tinggi mengalami hujan kategori tinggi (151 â€" 300 mm/dasarian).

“Sementara itu sangat kecil kemungkinannya wilayah Sultra mengalami hujan kategori sangat tinggi,” tukasnya.

Untuk prakiraan curah hujan dasarian, secara umum wilayah Sultra pada pertengahan Februari hingga pertengahan Maret 2018 mendatang diprediksi mengalami hujan kategori menengah (51 â€" 150 mm/dasarian). (B)

Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Sumber: Google News | Warta 24 Konawe Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »