Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Wabup Konsel: Pilkades Serentak Sangat Rawan

Posted by On 18.39

Wabup Konsel: Pilkades Serentak Sangat Rawan

Wabup Konsel: Pilkades Serentak Sangat Rawan
RAKER - Wabup Konsel, Arsalim Arifin didampingi Sekda Sjarif Sajang, Asisten I Bidang Pembanguna dan Kesra Agusalim, Kepala DPMD Sahlul menggelar Rapat Kerja (Raker) dalam rangka optimalisasi pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Selasa (20/2/2018). (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO â€" Wakil Bupati (Wabup) Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) Arsalim Arifin menyebut, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di daerah itu sangat rawan.

Untuk itu, para pihak, utamanya penyelenggara Pilkades harus berhati-hati melakukannya dengan mengikuti setiap tahapannya.

Hal itu dikemukakan Arsalim saat memimpin Rapat Kerja (Raker) Optimalisasi Pilkades serentak di Aula Pertemuan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel, Selasa (20/2/2018).

“Pilkades sangat rawan jadi harus serius perlakuannya dan berhati-hati dalam mengikuti setiap tahapannya, dan sebagai Camat harus menjaga netralitas, dan jika ada sengketa akan di selesaikan di tingkat Kecamatan, selanjutnya Kabupaten hingga ke tingkat Pengadilan jika belum ada solusi dan jalan keluarnya,” katanya.

Selain itu, Arsalim juga menyebut sejumlah masalah tekhnis yang perlu diperhatikan penyelenggara Pilkades. Belajar dari pelaksanaan sebelumnya, masalah teknis ini bisa menjadi boomerang bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel.

Salah satunya, proses pembentukan Panitia Pilkades yang harus memiliki kompetensi dan berintegritas yang mampu bekerja secara profesional dan independent dan tidak berpihak.

“Misalnya ada kekurangan berkas atau tidak mampu memenuhi syarat lainnya, jangan di loloskan seperti me ngeluarkan surat keterangan memilikin Ijazah terakhir agar tidak terjadi permasalahan lanjutan hingga berlarut-larut hingga menjadi konflik horisontal antar simpatisan,” kata Arsalim.

Lebih jauh mantan kepala Bappeda Konsel ini menyampaikan Pemda harus terus memberikan laporan dan melakukan konsultasi ketingkat provinsi dengan tujuan untuk menjaga hubungan baik dengan Pemerintah Provinsi.

“Untuk hal ini, saya telah memerintahkan Kadis DPMP untuk berkomunikasi dengan Pemprov juga pihak kepolisian dan pihak terkait agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Diketahui, selain Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Raker yang digelar kali ini juga dihadiri oleh para Camat se kabupaten itu, Asisten I Bidang Pembanguna dan Kesra Agusalim, Kepala DPMD, Sahlul. (C)

Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor : Abdul Saban

Sumber: Google News | Warta 24 Konawe Selatan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »