Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Ini Besaran Dana BOK Desa

Posted by On 18.54

Ini Besaran Dana BOK Desa

tegas.co., KONKEP, SULTRA â€" Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) yang digelontorkan pertiga bulan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk Unit Pengelola Teknis Daerah (UPTD) puskesmas ternyata bervariasi dan tergantung dari jumlah desa yang dikelolah masing-masing Puskesmas di daerah itu.

Aplikasi tegasco
DOWNLOAD DISINI APLIKASI tegasco,gratis (Klik saja gambar tegasco

Hal ini dijelaskan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Konkep, Alno Berniat menjelaskan, besaran dana BOK bervariasi, akan tapi tidak ada yang dibawah 720 juta rupiah. Semakin banyak desa maka semakin banyak pula dana yang digelontorkan.

“Pembagian Besaran Dana BOK dilihat dari ju mlah desa tiap perkecamatan, yang terbesar dana BOK-nya itu Puskesmas Lansilowo karena sebanyak 21 desa. Dengan total anggaran 820 juta rupiah.”Kata Alno di ruang kerjanya, Selasa (27/2/2018).

Selain itu, kata dia, berbeda halnya dengan Puskesmas Bobolio yang hanya 10 desa saja, akan tetapi ada perlakuan khususnya yang diberikan kepada Puskesmas itu, yaitu puskesmas Bobolio diberikan kegiatan pendataan khusus dan semua keluarga yang berada di kecamatan Wawonii Selatan harus didata.

“Puskesmas lain itu 720 juta rupiah anggaran BOK-nya dan tidak turun dari angka 720 juta rupiah itu,”Tambahnya

Lebih lanjut, kata dia dana BOK sebenarnya hanya membiayai kegiatan rutin, akan tetapi ada perhatian pemerintah pusat agar ada percepatan terutama diupayakan untuk kesehatan masyarakat dan kesehatan perorangan.

Kesehatan perorangan telah terkafer di Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan inilah yang disebut kapitasi, sedangkan ketika berbicara kesehatan masyarakat berhubungan dengan keseluruhan masyarakat.

“Tahap pencairan BOK itu, kami menunggu dulu dari pusat, puskesamas juga menyusun POA rencana aksi setiap bulan, jadi biasanya dananya itu diminta pertiga bulan karena sesuai pengiriman uang DAK tapi non fisik,”Ujarnya.

Selain itu, kegunaan dari dana BOK tersebut membiayai Imunisasi balita, Kesehatan ibu dan anak, penyakit menular, lansia dan program-program lain yang berada dipuskesmas,”Suatu Kesukuran orang-orang di pusat mau memberikan perhatian khusus terhadap masyarakat di konkep,”Tukasnya

REPORTER: I R F A N

PUBLISHER: MAS’UD

Sumber: Google News | Warta 24 Konawe Kepulauan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »